Ada 208 DPTb di Lapas Parigi, Jumlah TPS Berpotensi Bertambah

PARIMO, theopini.id Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Parigi, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah mencatat jumlah Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) untuk Pemilu 2024 sebanyak 208 orang.

“Saat ini, total jumlah penghuni Lapas Parigi sebanyak 317 orang,” kata Kepala Kelas III Parigi, Didik Niryanto, di Parigi, Senin, 29 Januari 2024.

Baca Juga: Pemilu 2024, KPU Kota Palu Catat Jumlah DPTb Capai 4.604 Orang

Sesuai peraturan KPU, kata dia, jumlah DPTb di Lapas Parigi melebihi kuota pemilih untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) lokasi khusus, sehingga ada potensi penambahan.

Langkah antisipasi penambahan jumlah DPTb, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian terkait penitipan tahanan ke Lapas Parigi.

“Berdasarkan data, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) awal sebanyak 124 orang. Saat ini, berkurang menjadi 109 orang,” ujarnya.

Didik mengatakan, karena jumlah tahanan pihak Kepolisian bertambah, permohonan mutasi ataupun pindahan dapat diberlakukan sesuai syarat yang telah ditentukan.

“Jika syarat memilihnya lengkap dari luar, sesuai yang disampaikan Kantor Wilayah (Korwin) Kemenkumham, kemungkinan pindah bisa dilakukan,” ujarnya.

Sejauh ini, dari total 317 Warga Binaan (Wabin) Lapas Parigi, 312 orang diantaranya telah memiliki KTP elektronik dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Sebagian besar DPTb, berasal dari kecamatan yang berada di bagian utara Kabupaten Parimo,” ungkapnya.

DPTb tersebut, hanya akan memberikan hak suaranya pada anggota DPRD propinsi, DPR RI, DPD RI, dan Presiden pada Pemilu 2024.

Baca Juga: KPU Akan Menyusun DPTb Pemilu-2024 pada Agustus 2023

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi terkait dengan penambahan tahanan di Lapas Parigi.

“Kemungkinan satu minggu ke depan, mendekati Pemilu, kita akan tekankan lagi soal itu dengan sosialisasi,” pungkasnya.

banner 1280x250

Komentar