YPKN Berikan Pemahaman Pencegahan Kanker Lewat Sosialisasi

PARIMO, theopini.idYayasan Pencegahan Kanker Nusantara (YPKN) menggelar sosialisasi pencegahan kanker dan tumor di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, Senin, 26 Februari 2024.

“Sosialisasi ini, dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan sebuah inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kanker dan tumor,” kata Staf Ahli Bidang Pengembangan SDM Kawasan dan Wilayah, Armin, membacakan sambutan Pj Bupati Parimo.

Baca Juga: Skrining Kanker Serviks Modal Utama Tanggulangi Kematian Perempuan

Menurutnya, kanker dan tumor merupakan penyakit termahal, karena pengobatannya memerlukan biaya sangat besar.

Olehnya, dengan memperbaiki pola hidup dan konsumsi dapat membentengi diri terhadap serangan kedua penyakit yang mematikan tersebut.

“Dalam usaha pencegahan kanker ini, kita harus lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, air putih serta berolahraga,” ujarnya.

Dengan mengetahui dan mengenal gejala-gejalanya, kata dia, masyarakat dapat mencegah dan menghindarinya kanker dan tumor.

Sosialisasi ini, dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 34 Tahun 2015 tentang kanker.

“Kegiatan ini, penting sehubungan dengan meningkatnya jumlah penderita kanker di Indonesia,” tukasnya.

Berdasarkan data dari berbagai rumah sakit, pasien yang datang berobat rata-rata sudah mencapai stadium lanjut, diakibatkan minimnya informasi.

Baca Juga: Dinkes Parimo: Kanker Jadi Masalah Kesehetan Terbesar di Indonesia

Pada kesempatan itu, ia mengajak masyarakat untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, menjaga pola makan yang dapat mengurangi penyebab kanker.

“Sehingga, angka dari penderita penyakit kanker ini, akan terus menurun karena mencegah lebih baik daripada mengobati,” pungkasnya.