Pemprov Sulteng Terima Hibah PLTS Atap dari Kementerian ESDM

JAKARTA, theopini.idPemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) menerima hibah dua unit PLTS Atap dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), berupa dua unit PLTS Atap.

Penandatangan berita acara serah terima barang milik negara dan naskah hibah dari dari Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) dilaksanakan di Jakarta, Rabu, 28 Februari 2024.

Baca Juga: Pemprov Sulteng Konsultasikan Kondisi Pertambangan ke Kementerian ESDM

Naskah hibah tersebut, ditandatangani Plt Kepala Dinas ESDM, Eddy N Lesnusa, dan Direktur Konservasi Energi Gigih Udi Atmo.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kementerian ESDM atas dukungnya, yang ditempatkan di SMKN 3 Palu, dan Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Tengah. Ini akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Eddy, dalam sambutannya.

Ia pun berharap, Kementerian ESDM terus memberikan dukungan ke Pemprov Sulawesi Tengah, guna mengoptimalkan pemanfaatan energi terbarukan, dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Mengingat Sulawesi Tengah, kata dia, dipersiapkan sebagai daerah penyangga atau penopang kebutuhan masyarakat di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

“Perpindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan, memberikan angin segar bagi masyarakat Sulawesi Tengah,” imbuhnya.

Provinsi Sulawesi Tengah saat ini, menjadi magnet bagi para pelaku usaha dan industri karena memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah.

“Sehingga menjadi pasar potensial bagi komoditi usaha di berbagai bidang,” tukasnya.

Baca Juga: Parimo Akan Terima Hibah Fisik Pengelolaan Pertambangan Rakyat

Sementara itu, Direktur Konservasi Energi, Gigih Udi Atmo berharap, Pemprov Sulawesi Tengah segera menyurati Kementerian ESDM, atas usulan program yang disampaikan.

“Sehingga, dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” pungkasnya.