Tuntaskan Rekapitulasi Suara, KPU Parimo Klaim Partisipasi Pemilih Meningkat

PARIMO, theopini.idKPU Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, telah menuntaskan rekapitulasi perolehan suara Partai Politik (Parpol) dan masing-masing Calon Legislatif (Caleg) yang diusungkan sebagai peserta Pemilu, pada Sabtu, 2 Maret 2024.

“Kami telah menetapkan perolehan suara Pemilu, dan telah disampaikan ke masing-masing Parpol,” kata Ketua KPU Parimo, Ariyana Borahima, di Parigi, Sabtu, 2 Maret 2024.

Baca Juga: KPU Parimo: Saran Saksi Parpol Akan Menjadi Bahan Refleksi

Ia mengatakan, untuk Parpol tiga besar perolehan suara dari Daerah Pemilihan (Dapil) satu hingga lima, pertama Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan 32.977 suara, kedua Partai Nasional Demokrat (NasDem) 31.935 suara, dan ketiga Partai Golongan Karya (Golkar) 28.683 suara.

Selesai penetapan perolehan suara, KPU Parimo menunggu hasil audit Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) dari Kantor Akuntan Publik (KAP), untuk menetapkan calon terpilih yang diusung Parpol.

“KAP melakukan audit LPPDK selama kurang lebih satu bulan. Setelah itu, baru kami tetapkan,” jelasnya.

Ariyana pun menyebut, tingkat partisipasi pemilih mencapai 81 persen pada Pemilu 2024, meningkat dibandingkan 2019 sebanyak 78 persen.

Bahkan, melebihi target tingkat partisipasi yang ditetapkan KPU RI sebanyak 80 persen. Ia berharap, partisipasi pemilih akan terus meningkat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini, hingga mencapai 85 persen.

Baca Juga: Bawaslu Terus Awasi Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara di KPU Parimo

“Target kami di Pilkada 85 persen. Harus ditingkatkan, karena kontestasi ini untuk memilih kepala daerah di Kabupaten Parimo,” pungkasnya.   

banner 1280x250

Komentar