Jokowi Tetapkan Pelaksanaan Vaksinasi Booster Dimulai Besok

Theopini.id – Presiden Joko Widodo mengumumkan pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster, mulai dilaksanakan pada Rabu 12 Januari 2022, dan diberlakukan secara gratis bagi seluruh Indonesia.  

“Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat, mengingat Covid-19 yang terus bermutasi. Saya sudah memutuskan vaksinasi dosis ketiga ini, gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Jokowi dikutip dari Instagram pribadinya, Selasa 11 Januari 2022.   

Dia menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi booster akan memprioritas Lanjut Usia (Lansia) dan kelompok rentan di Indonesia.

Dengan persyaratan kata dia, calon penerima vaksin telah mendapatkan suntik vaksin dosis kedua lebih dari enam bulan sebelumnya.

Meskipun telah divaksin, ia mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan, dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Karena vaksinasi dan protokol kesehatan merupakan kunci dalam mengatasi pandemic Covid-19,” ungkapnya.

Dia mengatakan, hampir seluruh provinsi di Tanah Air telah mencapai target 70 persen vaksinasi Covid-19, dengan realisasi telah lebih dari 280 juta dosis.

Sebanyak 169 juta dosis pertama, telah membawa Indonesia naik menjadi peringkat empat dunia dibawa China, India, dan Amerika Serikat.

Sejumlah vaksin untuk booster yang sudah dipersiapkan pemerintah, telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), di antaranya Sinovac, Corronavac, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zifivax.

Laporan : Novita Ramadhan

banner 1280x250