Yayasan KSE Gelas Aksi Gerakan Pungut Sampah Serentak di Indonesia

PALU, theopini.id – Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) gelar aksi Gerakan Pungut Sampah (GPS) secara serentak di 35 titik seluruh Indonesia, Minggu 30 Januari 2022.  

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan kita bahwa pentingnya kebersihan lingkungan,” ungkap Ketua KSE Regional Universitas Tadulako, Ahmad Algifari, saat ditemui di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu.

Dia mengatakan, KSE regional Universitas Tadulako melakukan memilih Pantai Tondo, Jl.Uwe Empoguru Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, mebagai tempat pelaksanaan kegiatan.

Gerakan pungut sampah melibatkan beberapa lembaga di Kota Palu, yaitu lembaga yaitu KPA Celebes, Generasi Baru Indonesia, Beasiswa Unggulan, dan Ikatan Pejalar Muhammadiyah.

Kemudian, Ikatan Pemuda  Banggai Kepulauan,  Seangle Indonesia, Yayasan Baitul Mall Brilian, Yayasan Amal Kebangsaan dan Himadiksi juga ikut mengambil bagian.

“Tujuan lain dari kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan,” kata Ahmad.

Dalam kegiatan itu kata dia, sampah yang didapatkan dikelompokkan menjadi lima bagian, yaitu sampah kemasan, gelas plastik, botol plastik, kaca dan beberapa jenis sampah lainnya.

Dari hasil pengumpulan, didominasi sampah lain-lain seperti kain yang tidak dapat terurai. Ahmad berharap, ke depan kegiatan seperti ini akan terus berlanjut untuk menjaga lingkungan.

“Kami akan terus melakukan gerakan pungut sampah ini, dan kami harapkan bisa meningkatkan kesadaran bersama untuk mebuang sampah pada tempatnya,” ungkapnya.

Laporan : Wawa Toampo/**

banner 1280x250

Komentar