Mendes PDTT Dorong Penguatan Perekonomian Kawasan Desa Pesisir

Theopini.id – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mendorong para inisiator Assosiasi Desa Pesisir perkuat perekonomian pada desa-desa kawasan pesisir.

“Intensifkan Road Map  yang menjadi acuan program serta berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait, agar keberadaan assosiasi akan bermanfaat bagi warga masyarakat sekitar. Melibatkan KKP, Perhubungan,” ujar Abdul Halim Iskandar dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 3 Januari 2022.

Hal itu, disampaikan Gus Halim sapaan akrab Mendes PDTT saat menerima kunjungan inisiator Asosiasi Desa Pesisir, Eduart Wolok beserta rombongan, di ruang kerjanya, Kamis.

Dia menjelaskan, besarnya potensi yang dimiliki desa-desa di kawasan pesisir. Selain pariwisata, hilirisasi dari sektor perikanan menjadi hal yang penting dengan memaksimalkan industri olahan ikan.

Oleh karena itu, diperlukan sinergisitas Kemendes PDTT, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan dan instansi lain, untuk mendukung program peningkatan produksi perikanan.

Di antaranya, program revitalisasi pelabuhan, pemulihan underwater restocking serta kebutuhan akan alat penangkapan ikan hingga penguatan produksi budidaya laut.

“Adanya sinergitas yang kuat dari seluruh instansi terkait akan menjadikan Asosiasi Desa Pesisir bukan hanya sebagai asosiasi. Apalagi permintaan pasar ikan di luar negeri sangat tinggi. Hal ini tentunya dapat meningkatkan nilai tambah secara ekonomi bagi warga desa pesisir yang mayoritas nelayan,” pungkasnya.

Laporan : Abdul Farid/**

banner 1280x250