Pemprov Sulteng Gelar Rapat Forkom Pendapatan Daerah di Parimo

PARIMO, theopini.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng), menggelar rapat Forum Komunikasi (Forkom) Pendapatan Daerah ke-VI, yang dipusatkan di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Rabu, 18 Mei 2022.

Kegiatan tersebut, mengusung tema ‘percepatan dan perluasan digitalisasi daerah, guna optimalkan pendapatan daerah, serta persiapan penyusunan Perda PDRD sesuai UU HKPD’.

Baca Juga : Pemprov Sulteng Kembangkan Pertanian Jagung dan Kelapa di Sigi

“Saya sangat mengharapkan pelaksanaan rapat Forkom Pendapatan Daerah ini, dapat memberikan pengetahuan bagi aparat dalam pengelolaan pendapatan daerah. Serta meningkatkan komitmen, integritas, dan keterpaduan pendapatan daerah dalam pencapaian visi dan misi pembangunan daerah,” ungkap Wakil Bupati Parimo, Badrun Nggai, saat menyampaikan sambutannya.  

Dia mengatakan, otonomi daerah bertanggung jawab secara luas, yang diarahkan untuk memberikan kewenangan dan keleluasaan bagi Pemerintah Daerah (Pemda) guna merencanakan, mengembangan dan mengatur daerah mereka sendiri.

Sehingga, Pemda diharapkan lebih bebas dalam mengelola keuangan dan efisien lagi dalam mengatur sumber daya keuangan.

Olehnya, pengelolaan pendapatan daerah menjadi perintis pembangunan daerah, karena tujuannya adalah mensukseskan daerah.

“Saya atas nama Pemda Parimo sangat mengapresiasi kegiatan ini, apalagi namanya kegiatan digitalisasi. Jadi ke depannya, tidak ada lagi pembayaran menggunakan uang tunai, langsung non tunai,” ucapnya.

Sementara itu, Asisten Ekonomi, dan Pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah, dr. Rudi Dewanto mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk melakukan koordinasi dan komunikasi, antara Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) provinsi dan kabupaten/kota.

Hal itu dilakukan, dalam rangka peningkatan pengelolaan pendapatan, serta menggali sumber potensi pendapatan, guna peningkatan fiskal daerah. Sehingga, meningkatkan dana bagi hasil, baik bagi Pemprov maupun pemerintah kabupaten/kota.

Baca Juga : Tindak Lanjuti Kerja Sama, Pemprov Sulteng-Jatim Laksanakan Rakor

“Saya juga berharap, rapat Forkom Pendapatan Daerah ini dapat dimanfaatkan, sebagai sarana untuk saling berinteraksi, dan membahas berbagai permasalahan terkait pengkatan daerah. Sekaligus merumuskan, cara penyelesian hal-hal yang berkaitan dengan pendapatan daerah,” ujar dr. Rudi Dewanto, saat membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Tengah.

Diketahui, kegiatan Forkom Pendapatan Daerah tersebut diikuti Bapenda yang berasal dari 13 kabupaten/kota se Sulawesi Tengah, serta sejumlah Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya.  

banner 1280x250

Komentar