Kades Sipayo Paparkan Program Desa 2022

PARIMO, theopini.id – Kepala Desa (Kades) Sipayo, Kecamatan Sidoan, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, Nurdin Ilo Ilo memaparkan progress program desanya yang bersumber dari Dana Desa 2022.

“Dimulai dari program Bantuan Langsung Tunai (BLT). Penyaluran tahap dua akan cair, pada Senin 27 Juni 2022,” ungkap Kepala Desa saat ditemui di Sipayo, belum lama ini.

Baca Juga : Desa Parigimpu’u Alokasikan Rp 200 Juta Dana Desa untuk Stunting

Menurut dia, ada 105 warga Desa Sipayo kurang mampu menerima BLT, sebesar Rp 900 ribu per orang.

Tujuan dari bantuan ini, untuk membantu ekonomi masyarakat kurang mampu, serta Lanjut Usia (Lansia). Kemudian, beberapa kepala keluarga yang tidak lagi bekerja karena sakit, sehingga tidak bisa lagi menafkahi keluarganya.

“Kami selaku pemerintah desa, mengundang beberapa perangkat daerah untuk menyaksikan penyerahan BLT it uke masyarakat,” ujar Nurdin.

Dari dana desa 2022, pihaknya juga telah menyiapkan bibit durian sebanyak 2.500 pohong, dan akan dibagikan kepada seluruh masyarakat Desa Sipayo.

“Setiap warga akan mendapatkan dua pohon dengan syarat harus mempunyai lahan atau pekarangan untuk menanam,” ujarnya.

Pemerintah desa pun kata dia, berupaya melakukan pengajuan anggaran kegiatan fisik, untuk mengatasi masalah abrasi pantai dan pengerukan sungai serta pemasangan bronjong ke pemerintah provinsi.

Sebab, alokasi anggaran dana desa tidak dapat mengalokasikan pembiayaan seluruhnya ke kegiatan fisik.

Baca Juga : Dipicu LPPD Mantan Kades, Warga Bambalemo Segel Kantor Desa

“Anggaran Dana Desa (ADD), sesuai regulasi dari pemerintah pusat, untuk pembiayaan gaji perangkat desa. Harapan kami, dana desa dapat mengatasi masalah ekonomi masyarakat Sipayo,” pungkasnya.

banner 1280x250

Komentar