Example 1280x250

Muhammad J Wartabone Dijadwalkan Hadiri Pesta Sholawat Akbar di Parimo

Muhammad J Wartabone Dijadwalkan Hadiri Pesta Sholawat Akbar di Parimo
Anggota DPD RI utusan Sulawesi Tengah, Muhammad J Wartabone. (Foto : Sulteng Terkini)

PALU, theopini.id Anggota DPD RI utusan Sulawesi Tengah, Muhammad J Wartabone dijadwalkan bakal menghadiri Pesta Sholawat Akbar Nabi Muhammad SAW yang rencananya akan dilaksanakan di lokasi Sail Tomini, Kayubura, Desa Pangi, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, pada Sabtu 27 Mei 2023.

Dalam kegiatan tersebut, selain memberi sambutan Muhammad J Wartabone yang akrab disebut Buya juga akan melakukan Tabliq Akbar, ceramah agama, sholat Ashar berjamaah, dan Dzikir Akbar bersama masyarakat di Kabupaten Parigi Moutong.

Baca Juga: Pemekaran Dua Kabupaten di Sulteng, Ini Kajian Muhammad J Wartabone

Dalam kunjungannya, Buya juga dijadwalkan akan melakukan pengukuhan pengurus DPD Wanitq Sholawat Indonesia (Washotia) Kabupaten Parimo.

Satu rangkaian yang juga penting dalam acara yang nantinya akan dihadiri Muhammad J Wartabone di Kabupaten Parimo, ialah peringatan Haul Akbar Imam Syaban 168 Hijriah atau 792 Masehi yang makamnya berada di Pulau Peling, Banggai.

“Kita punya peradaban Islam yang usianya sudah sangat tua, juga ada Megalitikum. Sehingga tidak salah kalau Sulawesi Tengah ini menjadi Serambi Haramain, yaitu Serambi Mekkah dan Madinah,” ujar Muhammad J Wartabobe.

Tidak hanya Iman Syaban, tetapi juga beberapa tokoh berpengaruh di Sulawesi Tengah menjadi fokus Muhammad J Wartabone untuk diberikan apresiasi dan turut diperingati dalam Haul Akbar, yakni Dato Karama di Tanah Kaili 1606, Dato Mangaji Parigi 1606, Pue Lasadindi Mangge Rante, dan H Abdurahman Laudjeng di Tojo Una-una.

Baca Juga: Mendagri: Pemekaran Tak Sekadar Pembagian Wilayah, Perlu Kemandirian Fiskal

Selain itu juga ada Sayyid Aqil Almahdali Wani 1860, Abdul Wahid Toana, H Rusdy Toana, Guru Tua 1929 beserta murid-muridnya, raja-raja serta pejuang merah putih Indonesia yang ada di Sulawesi Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!