Example 1280x250
Daerah  

Forum GenRe Parimo Tuntaskan Seleksi Duta Kecamatan

Forum GenRe Parimo Tuntaskan Seleksi Duta Kecamatan
Putra dan putri perwakilan salah satu desa, saat mengikuti seleksi Duta GenRe. (Foto: istimewa)

PARIMO, theopini.id Berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, Forum Generasi Berencana (GenRe) menuntaskan seleksi Duta GenRe tingkat kecamatan.

“Seleksi Duta GenRe ini, baru pertama kali kami laksanakan, dimulai pada 2-9 Agustus 2023, dari Kecamatan Moutong dan berakhir di Kecamatan Sausu,” kata Ketua Forum GenRe Parimo, Roni Saputra, di Parigi, Sabtu malam, 12 Agustus 2023.

Baca Juga: 359 Putra-Putri Sulteng Lulus Seleksi Bintara Polri

Menurutnya, seleksi Duta GenRe diikuti perwakilan putra dan putri perwakilan masing-masing desa/kelurahan, yang sebelumnya telah dikukuhkan pemerintah desa maupun camat.

Kegiatan tersebut, dilaksakan di 23 kecamatan dengan metode pembagian tim, untuk menyeleksi putra dan putri, yang akan ditetapkan sebagai Duta GenRe Kecamatan.

Adapun kriteria Duta GenRe Kecamatan, merupakan perwakilan Duta GenRe desa/Kelurahan dibuktikan dengan Surat Keputusan (SK) kepala desa atau lurah, dengan syarat usia 16-25 tahun, dan belum menikah.

“Kemudian, mampu menyampaikan dan merencanakan program yang menarik serta memiliki pengetahuan umum, seputar generasi berencana,” ujarnya.

Meskipun baru pertama kalinya dilaksanakan, para perwakilan Duta GenRe memiliki potensi dan kualitas dalam pemaparan program yang ditawarkan.

Bahkan, mampu mensosialisasikan program GenRe, tentang usia pernikahan dalam pencegahan Stunting sebagai tujuan utama.

“Ini perdana, dibuat Dinas P3AP2KB Parimo bersama kami. Tapi kami cukup sulit menilai, karena semua putra dan putri terbaik desa ini,” kata dia.

Baca Juga: Gubernur Cudy Temui Duta Besar Maroko, Paparkan Potensi Sulteng

Usai terpilihnya 23 Duta GenRe kecamatan ini, ia berharap, bisa lebih meningkatkan kemampuan diri dan pengetahuan. Sebab, yang telah terpilih akan kembali berkompetisi di tingkat Kabupaten Parimo.

“Kegiatannya akan diselenggarakan akhir tahun ini. Persiapkan diri, untuk menjadi putra dan putri terpilih agar dapat mewakili Kabupaten Parimo di tingkat selanjutnya,” pungkasnya.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!