42 Wartawan Ikut UKW yang Diselenggarakan Dewan Pers

PALU, theopini.idDewan Pers menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kota Palu Sulawesi Tengah, yang dibuka langsung Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers, Atmaji Sapto Anggoro.

“UKW di Kota Palu ini, adalah pelaksanaan ke 31 dari 34 provinsi di Indonesia. Jadi masih ada Sembilan daerah lagi. Finisnya akan dilaksanakan dibeberapa wilayah termasuk Jawa Timur, Mamuju dan Sulawesi Utara (Sulut),” ungkap Atmaji saat menyampaikan sambutan pada pembukaan UKW, Rabu 30 Agustus 2023.

Baca Juga: 11 Pegawai KPK Terbukti Langgar Etik, Berikut Sederet Kasusnya

Menurutnya, kegiatan yang 30 persen didanai APBN itu, diikuti oleh 42 peserta, untuk jenjang muda hingga madya.

 “Ada dua lembaga uji, yaitu Lembaga Pers Dr.Soetomo (LPDS) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Sebenarnya untuk kuota Sulawesi Tengah masih kurang, Insya Allah ke depan akan kami tambahkan jumlahnya,” imbuhnya.

Dia menambahkan, UKW yang dilaksanakan memang tidak membuktikan segalanya, tetapi dengan mengikuti berbagai tahapan pengujian wartawan akan dianggap berkompeten.

“Kenapa? Karena penguji yang kami hadirkan di sini bukan dari sembarang orang. Tetapi jurnalis senior yang telah makan asam garam di dunia pers,” tukasnya.

Baca Juga: 4 Tersangka Kasus ACT Dijerat UU ITE dan Pencucian Uang

Dia berharap, seorang wartawan yang telah UKW dapat menguasai Kode Etik Jurnalis (KEJ). Sebab, hampir seluruh dunia pers berkaitan dengan etik.

“Jadi saya tekankan, tolong KEJ tidak hanya dihafal. Harus diamalkan,” pungkasnya.

banner 1280x250

Komentar