Kaopsda Madago Raya Ajak Masyarakat Proaktif Cegah Paham Radikalisme

PALU, theopini.id Kaopsda Madago Raya 2024, Kombes Pol Denny Jatmiko mengajak masyarakat proaktif mencegah paham radikalisme. Sebab,  akan  menjadi ancaman yang akan mengganggu stabilitas keamanan negara.  

“Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pencegahan agar paham radikalisme tidak berkembang di Sulawesi Tengah,” kata Kombes Pol Denny Jatmiko yang juga selaku Dirbinmas Polda Sulawesi Tengah, saat menjadi narasumber dalam Podcast Presisi, di Palu, Rabu, 20 Maret 2024.

Baca Juga: BNPT Kenalkan Ciri Radikalisme dan Terorisme ke Pemuda Sigi

Menurutnya, salah satu upaya pencegahan ialah dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya paham radikalisme.

Edukasi tersebut, dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti seminar, workshop, penyuluhan, bhakti kesehatan, dan bhakti sosial.

“Selain itu, kita juga perlu mensosialisasikan kepada Keluarga, dan masyarakat agar tidak mudah terpapar paham radikalisme,” ujarnya.

Kombes Denny Jatmiko juga menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam memerangi radikalisme.

Sebab, kata dia, menjaga keamanan bukan tugas Kepolisian atau aparat saja. Namun, menjadi tanggung jawab bersama.

“Masyarakat harus proaktif dalam melaporkan kepada aparat penegak hukum, jika ada orang yang dicurigai menyebarkan paham radikalisme,” imbaunya.

Ia menjelaskan, aparat keamanan telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga keamanan di Sulawesi Tengah, termasuk meningkatkan patroli dialogis dan pengamanan di tempat-tempat yang dianggap rawan.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, kami akan terus bekerja keras untuk menjaga keamanan,” ujarnya.

Kombes Denny Jatmiko juga mengajak para wisatawan dan investor untuk tidak ragu-ragu mengunjungi dan berinvestasi di Sulawesi Tengah.

“Sulteng memiliki banyak potensi wisata dan investasi yang menarik,” sebutnya.

“Kami menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para wisatawan dan investor yang berkunjung ke daerah ini,” tukasnya.

Baca Juga: Penyuluh Agama Jadi Garda Terdepan Tepis Intoleransi dan Radikalisme

Ia optimis Sulawesi Tengah ke depan akan menjadi salah satu tujuan wisata, dan investasi utama di Indonesia.

“Dengan potensi yang dimiliki dan dukungan dari semua pihak, kami ingin membangun, menjaga dan ingin bersama-sama mewujudkan Sulawesi Tengah yang sejuk, aman dan sejahtera,” pungkasnya.