Kemnaker Luncurkan Permenaker 5/2024 Tentang SIPK

JAKARTA, theopini.id Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meluncurkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 5 Tahun 2024 tentang Sistem Informasi Pasar Kerja (SIPK).

“Permenaker ini, bertujuan membangun sistem informasi pasar kerja secara mutakhir dan komprehensif, serta menggambarkan struktur, karakteristik, persediaan, dan kebutuhan tenaga kerja,” terang Wakil Menteri, Ketenagakerjaan Afriansyah Noor, pada Rapat Koordinasi SIPK, di Jakarta, Senin, 8 Juli 2024.

Baca Juga: Kemnaker Tetapkan Tiga Syarat Bagi Negara yang Jadi Tujuan TKI

Ia mengatakan, Permenaker ini juga merupakan suatu upaya yang strategis untuk meningkatkan kualitas SDM agar memiliki keterampilan dan kompetensi sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

“Permenaker Nomor 5 Tahun 2024 ini, diharapkan menjadi acuan dalam pengembangan Sistem Informasi Pasar Kerja yang andal untuk dapat mewujudkan link and match dari sisi supply dan sisi demand pasar kerja,” ucapnya.

Permenaker Nomor 5 Tahun 2024, lanjut Afriansyah, merupakan landasan hukum yang mengatur pengelolaan, pemanfaatan, dan pengembangan SIPK secara nasional.

“Melalui peraturan ini, ada ketetapan standar dan pedoman yang jelas bagi semua pihak yang terlibat, guna memastikan SIPK berjalan efektif dan efisien,” ujarnya.

Ia menambahkan, pengembangan dan penguatan SIPK menjadi kebutuhan yang mutlak dilakukan. Informasi pasar kerja yang update dan real time, adalah bagian terpenting membangun tenaga kerja yang terampil dan kompetitif.

Baca Juga: Sulteng Terima Penghargaan Produktivitas Tenaga Kerja Terbaik se-Indonesia

“Mari kita manfaatkan SIPK sebagai alat strategis untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja, menciptakan peluang kerja lebih luas, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” pungkasnya.

banner 1280x250