Mudik Lebaran, Dishub Parimo: Antisipasi Lonjakan Pelaku Perjalanan

PARIMO, theopini.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah mempersiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi lonjakan pelaku perjalanan. Mengingat, pemerintah tahun ini melonggarkan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik lebaran ke kampung halaman.

“Tahun ini akan terjadi pelonjakan masyarakat yang akan melakukan perjalanan dibanding tahun sebelumnya, untuk itu kami telah menyiapkan personil agar pelayanan dapat terlaksana dengan baik,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Parimo, Arman Maulana, saat ditemui di Parigi, belum lama ini.

Menurut dia, Dishub menyiapkan sebanyak 45 personil, yang akan bergabung dengan anggota TNI/Polri dalam pos dan pelayanan.

Pos pelayanan tersebut, akan dibuka dibeberapa titik, yaitu di Kecamatan Sausu, Torue, Parigi, Kasimbar dan Mepanga.

Pos pelayanan tersebut, dapat digunakan sebagai rest area, juga sebagai tempat pelayanan pengecekan kendaraan yang akan melintas.

Sebab, kendaraan harus dikondisikan secara maksimal, mulai dari kelengkapan surat-surat sampai dengan pengecekan fisik kendaraan.

“Itu sudah menjadi ketentuan yang harus disiapkan pemudik, apalagi yang akan melakukan perjalanan jauh. Pengecekan kendaraan dapat meminimalisir tingkat kecelakaan juga demi keselamatan pengguna jalan,” ujarnya.

Kemudian, akan dibuka pos penyekatan di sejumlah titik, untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan arus mudik lebaran 1443 Hijriyah.

“Menyambut arus mudik lebaran, sesuai hasil rapat kami, ada dua titik yang akan dilakukan penyekatan, yaitu di perbatasan Powuhato-Sejoli, karena perbatasan antarprovinsi,” ungkapnya.

Selain di perbatasan, pos kedua di Toboli, Kecamatan Parigi Utara karena menjadi jalur lintasan pemudik dari luar kota.

Meski dilakukan penyekatan, pemudik tidak akan dipersulit untuk melintas. Hanya saja, vaksinasi akan menjadi hal utama yang ditanyakan, sebagai syarat mudik lebaran.

“Jadi pada intinya kenapa dilakukan penyekatan dan pengawasan, untuk menjamin keselamatan pemudik sampai ditujuan, dan kendaraan mereka dalam kondisi yang stabil,” pungkasnya.

Komentar ditutup.