banner 1280x250

MTQ Diharapkan Jadi Upaya Konkret Menggali Nilai Luhur Kandungan Al-Qur’an

MTQ Diharapkan Jadi Upaya Konkret Menggali Nilai Luhur Kandungan Al-Qur’an
Wabup Parimo, H Badrun Nggai menyerahkan piala bergilir MTQ tingkat Kecamatan Taopa kepada pemenang lomba, Sabtu malam, 6 November 2022. (Foto : Istimewa)

PARIMO, theopini.id – Wakil Bupati Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, H. Badrun Nggai berharap penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) menjadi upaya konkret umat islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.

“Jadi tak hanya sekedar mencari Qori dan Qoriah serta Hafidz dan Hafidzah terbaik,” ungkap Badrun, saat menutup MTQ tingkat Kecamatan Taopa, Sabtu malam, 6 November 2022.

Baca Juga : Wabup Badrun Resmikan MTQ ke-17 Tingkat Kecamatan Moutong

Menurutnya, MTQ kali ini diharapkan dapat menjadi barometer mengukur sejauh mana pembelajaran, dan kajian kitab suci Al-Qur’an, dalam kehidupan sehari-hari.  

Sebab, Al-Qur’an merupakan tuntunan dan pegangan bagi umat muslim untuk memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat.

“Hal ini terlihat jelas, dimana para peserta membaca dengan seni dan suara yang merdu, menghafal, memahami, dan menulis. Maka bentuk interaksi ini, perlu dikembangkan terus menerus dari satu generasi ke generasi berikutnya,” ucapnya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh peserta, terutama bagi para juara agar tidak lekas berpuas diri. Sebab, akan banyak lagi tantangan ke depan, terlebih dalam menghadapi event MTQ tingkat kabupaten.

Begitu pula, bagi peserta yang belum berhasil, diharapkan tidak kehilangan semangat dan berkecil hati. Jadikan event MTQ itu sebagai ajang refleksi, evaluasi dan terus meningkatkan kemampuan, serta terus berinteraksi dengan Al-Qur’an.

Baca Juga : Wagub Ma’mun Melepas 51 Kafilah MTQ Sulteng ke Banjarmasin

“Khusus kepada panitia pelaksana, terutama Pemerintah Kecamatan Taopa, Pemerintah Desa Nunurantai, LPTQ, tokoh agama, tokoh adat serta semua pihak yang telah mendukung dan memberikan kontribusi serta memfasilitasi pelaksanaan MTQ ke XII ini, kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi, atas dedikasi yang terbaik dalam menyukseskan event ini, semoga semua ini menjadi catatan amal saleh dan mendapatkan pahala di sisi Allah SWT,” pungkasnya.

Sumber : Bagian Prokopim Setda Parimo

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: