banner 1280x250

Pra POPNAS Zona V 2022, Dihadiri Atlet dari Maluku Hingga Papua Barat

Pra POPNAS Zona V 2022, Dihadiri Atlet dari Maluku Hingga Papua Barat
Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusdy Mastura foto bersama atlet pelajar dari berbagai provinsi di zona V, Selasa, 8 November 2022. (Foto : Istimewa)

PALU, theopini.id – Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) zona V 2022 resmi dibuka Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusdy Mastura sebagai tuan rumah, Selasa, 8 November 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gelora Bumi Kaktus (GBK) selama lima hari ke depan, sejak 8-13 November 2022 itu, mengusung tema ‘Berprestas untuk Negeri’.

“Pra POPNAS bertujuan sebagai sarana evaluasi terhadap pelaksanaan pembinaan olahraga pelajar di wilayah Zona V,” ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. Irvan Aryanto, M.Si, di Palu, Selasa.   

Baca Juga : KONI Dorong Parimo Miliki Duta Laboratorium Duta Olahraga

Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai bentuk kualifikasi delapan cabang olahraga, untuk mengikuti POPNAS XVI 2023, dan ajang untuk memupuk, memelihara, dan mempererat persatuan dan kesatuan provinsi di wilayah zona V.

Maskot Pra POPNAS zona V Sulawesi Tengah 2022, kata dia, bernama Mangge Leo berasal dari satwa khas Sulawesi, yakni spesies Burung Maleo.

“Pada Pra POPNAS wilayah Zona V terdiri dari Provinsi Gorontalo, Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Total peserta keseluruhan, sebanyak 797 terdiri dari atlet, pelatih dan official. Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan, lanjutnya, yaitu sepak bola, bola basket, bola voli, sepak takraw, bulutangkis, tenis, tinju dan pencak silat.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura mengatakan, Pra POPNAS menjadi sarana penting untuk melihat, dan mengevaluasi sejauh mana capaian pembinaan yang telah dilaksanakan oleh daerah selama ini.

“Adanya event Pra POPNAS 2022 menjadikan tolak ukur sejauh mana atlet-atlet pelajar kita mampu berkompetisi dan meraih prestasi yang membanggakan,” ucapnya.

Terciptanya kualitas sumber daya manusia, khususnya di bidang olahraga yang mampu berdaya saing, kata dia, merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerintah maupun masyarakat.

Sehingga, harus diberikan perhatian lebih terhadap pelajar berbakat di bidang olahraga, agar terus meningkatkan kualitas diri dalam berkompetisi dan berprestasi.

Baca Juga : Disporapar Pastikan 8 Pelari Kenya Ikuti Equator Run di Parimo

“Saya berharap semua pihak, baik panitia hingga wasit maupun juri, kiranya dapat bekerjasama secara profesional, bersifat netral, adil dan jujur dalam memimpin setiap pertandiangan,” harapnya.  

Gubernur berpesan, agar para atlet pelajar tetap mengimbangi antara pendidikan di sekolah dan pendidikan pada bidang olahraga. Sebab, kedua-duanya memiliki pengaruh penting dalam meraih kesuksesan.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulawesi Tengah

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: