Gantikan Enggar Prayoga, Salimun Mantjabo Duduki Kursi DPRD Parimo

PARIMO, theopini.id Kader Partai Nasional Demokrat (NasDem), Salimun Mantjabo resmi dilantik duduki kursi DPRD Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, menggantikan Enggar Prayoga, Selasa, 23 Januari 2024.

Diketahui, Salimun Mantjabo memiliki perolehan suara terbanyak kedua, setelah Enggar Prayoga Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Baca Juga: H Erwin H Nadir Bermula Surat Teguran Berujung PAW

“Ada dua mekanisme untuk menduduki jabatan anggota DPRD. Pertama, terpilih setelah diajukan sebagai calon lagilatif partai politik yang mengusungnya. Kemudian mengikuti Pemilu secara langsung, untuk menjalani jabatan selama masa periode lima tahun,” ungkap Ketua DPRD Parimo, Sayutin Budiyanto, di Parigi, Selasa.

Mekanisme kedua, menurutnya, anggota DPRD dapat terpilih melalui Pergantian Antar Waktu (PAW), bila wakil terpilih dari hasil Pemilu sebelumnya meninggal dunia, mengundurkan diri atau diberhentikan atas usul partai politik.

Kemudian, digantikan calon anggota DPRD Kabupaten Parimo dengan perolehan suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik, pada Daerah Pemilihan (Dapil) yang sama.

“Hal ini, merupakan salah satu proses politik yang harus dilalui dalam rangka regenerasi serta pematangan kader partai politik. Disamping untuk kesinambungan tugas, tanggung jawab sebagai wakil rakyat,” jelasnya.

Ia mengatakan, sesuai peraturan peraturan DPRD nomor 1 tahun 2019, anggota DPRD PAW menjadi anggota pada alat kelengkapan yang digantikan.

Olehnya, DPRD PAW, Salimun Mantjabo ditetapkan sebagai anggota Badan Musyawarah (Banmus) serta menjadi anggota Komisi I Bidang Pemerintahan.

“Pada kesempatan ini, saya mengajak semua anggota DPRD Parimo agar terus memberikan kontribusi maksimal, dan meningkatkan kinerja lembaga pada penyelenggaraan pemerintahan serta penataan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintah Dan Kesra Provinsi Sulawesi Tengah, Fahrudin Yambas mengatakan, pemerintah telah berkomitmen bekerja sama dengan DPRD Kabupaten Parigi Moutong dalam menjalankan roda Pemerintahan.

Sehingga, harus saling mendukung demi terciptanya pembangunan yang berkelanjutan, dan meningkatkan kesejahtareaan masyarakat.

Baca Juga: Bawaslu Parimo Tracking Kelayakan 6 Calon PAW Anggota Panwascam

“Saya mengajak kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Parimo untuk terus berperan aktif dalam mengawasi dan mengawal jalannya pemerintahan, serta memberikan masukan dan saran yang konstruktif, guna peningkatan kualitas kebijakan publik sebagai upaya untuk mewujudkan Sulawesi Tengah lebih sejahtera dan lebih maju,” pungkas Fahrudin, membacakan sambutan Gubernur H Rusdy Mastura.

banner 1280x250