Ratusan Anak Usia 6-11 Tahun di Parimo Jalani Vaksinasi Dosis Pertama

PARIMO, theopini.id – Ratusan anak usia 6-11 tahun dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama, pada Rabu 19 Januari 2022.

“Hari ini merupakan pencanangan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, yang dilaksanakan di sejumlah kecamatan di Parimo,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parimo, Aminudin, saat ditemui di Parigi, Rabu.

Dia mengatakan, untuk Kecamatan Parigi dipusatkan di SDN Inpres 2 Bantaya, dengan jumlah siswa bersedia jalani vaksinasi sebanyak 33 orang.

Kemudian, Kecamatan Parigi Utara dipusatkan didua sekolah, dan Kecamatan Parigi Selatan dipusatkan di SDN Sumbersari dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang lebih disetiap sekolah.

“Jumlah totalnya untuk pencananganan hari ini kami tidak mengetahui pasti, karena sekolah yang menyiapkan siswa yang bersedia di vaksin. Namun, total secara keseluruan se Kabupaten Parimo mencapai 42 ribu lebih,” jelasnya.

Tindak lanjut dari pencanangan tersebut, pihaknya akan terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada pihak satuan pendidikan, agar pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dapat dituntaskan dengan target dua bulan ke depan.

Tampak Wakil Bupati Parimo, H. Badrun Nggai memantau pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di SD Inpres 2 Bantaya, Rabu 19 Januari 2022. (Foto : Novita)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Parimo, Ellen Nelwan Ludya mengatakan, dalam pencanangan vaksinasi usia 6-11 tahun tersebut, pihaknya telah menyiapkan vaksinator dari Puskesmas dimasing-masing wilayah.

Menurutnya, anak usia 6-11 tahun diberikan vaksin Sinovac karena telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Balai Pengawasan Obat dan Makan (BPOM), dan berdasarkan petunjuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Kami harapkan capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun dengan jumlah 42 ribu lebih, sesuai data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan segera terealisasi,” ucap Ellen.

Wakil Bupati Parimo, H. Badrun Nggai mengapresiasi orang tua yang telah memberikan izin kepada anaknya, untuk menjalani suntik vaksin.

Dia menyebut, langkah yang dilakukan pemerintah saat ini, merupakan upaya memberikan perlindungan kepada masyarakat agar terhindar dari virus Covid-19.

“Mari kita sukseskan pelaksanaan vaksinasi usia 6-11 tahun untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak kita,” imbaunya.

Laporan : Wawa Toampo   

banner 1280x250