Dispora Sulteng Mulai Susun Skema Pelaksanaan Pra POPNAS

PALU, theopini.id – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Tengah (Sulteng) menyusun skema pelaksanaan Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2022.

“Rencananya, Pra POPNAS dilaksanakan pada November 2022,” ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulteng, Irvan Aryanto, dalam keterangan tetulisnya, Selasa 8 Maret 2022.

Dia mengatakan, Pra POPNAS adalah rangkaian kegiatan penyelenggaraan pertandingan atau perlombaan beberapa cabang olahraga ditingkat wilayah sebagai babak kualifikasi.

Jelang Pra POPNAS terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan, meliputi teknis kegiatan, berupa sarana dan prasarana serta SDM yang berhubungan langsung dengan pelaksananaan pertandingan.

“Kemudian, yang menangani technical delegate ditunjuk induk organisasi, dan pengurus Cabang Olahraga (Cabor) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah,” kata dia.

Pada persiapan non Teknis kata dia, meliputi administrasi, sistem kendali dan faktor pendukung, yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan, di antaranya bidang akomodasi, konsumsi, transportasi, keamnanan, kebersihan, IT, promosi dan lain sebagainya.

Adapun Cabor yang akan dipertandingkan, yaitu bola basket, bola voli indoor, bulutangkis, pencak silat, sepak bola, sepak takraw, tenis dan tinju.

“Pada tahun ini, Sulawesi Tengah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pra POPNAS 2022, yang diikuti tujuh provinsi,” jelasnya.

Dia menjelaskan, Kemenpora telah membagi zona atau  wilayah olahraga Pra POPNAS menjadi lima zona dan Sulawesi Tengah masuk pada wilayah zona lima, terdiri dari Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Papua dan Papua Barat.

Pelaksanaan Pra POPNAS kata dia, akan melibatkan instansi terkait dilingkup pemerintah daerah Sulawesi Tengah. Sementara jumlah peserta yang akan mengikuti Pra POPNAS, diperkirakan kurang lebih 1.200 orang.

Laporan : Yuyun/**

banner 1280x250