BPJPH Pastikan Akselerasi Sertifikat Halal Dukung PEN

Theopini.id – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag), memastikan akselerasi sertifikasi halal yang digulirkan akan mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Sertifikasi halal sangat penting bagi pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro dan Kecil (UMK), sebagai bentuk jaminan kehalalan sekaligus menjadi nilai tambah bagi produk agar berdaya saing tinggi,” ungkap Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham di Jambi, dikutip dari laman Kementerian Agama, Kamis 17 Maret 2022.

Hal itu disampaikan Aqil Irham dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dan Public Hearing Temu Konsultasi Pendamping Proses Produk Halal (PPH) bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) provinsi Jambi.

Menurut dia, akselerasi sertifikasi yang dijalankan dengan target 10 juta sertifikat halal, sangat penting dalam mendukung program PEN, khususnya bagi UMK yang menjadi sektor paling terdampak setelah dua tahun pandemi Covid-19.

Untuk mewujudkan program percepatan sertifikasi halal tersebut, BPJPH terus melakukan sejumlah upaya. Di antaranya dengan menyiapkan pendamping PPH yang dibutuhkan dalam pelaksanaan sertifikasi halal produk UMK. 

“Kita targetkan untuk menyiapkan 100.000 tenaga pendamping PPH melalui training of trainer Pendamping PPH bagi sertifikasi halal gratis untuk pelaku UMK melalui mekanisme pernyataan pelaku UMK atau self declare,” kata dia.

Olehnya, BPJPH terus melakukan koordinasi untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, untuk melaksanakan fasilitasi pembiayaan sertifikasi halal bagi pelaku UMK di wilayah masing-masing.

“Dan Rakor hari ini antara BPJPH dan Pemerintah provinsi Jambi ini kita laksanakan untuk mewujudkan pelaksanaan fasilitasi sertifikasi halal tersebut,” ujarnya.

banner 1280x250

Komentar