Gedung Baru Puskesmas Moutong, Upaya Tingkatkan Derajat Kesehatan

PARIMO, theopini.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah meningkatkan pelayanan Puskesmas Moutong menjadi rawat inap, ditandai dengan meresmikan gedung baru, Sabtu, 28 Mei 2022.

“Gedung baru Puskesmas Moutong, merupakan salah satu realisasi program pemerintah dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Parimo, Ellen Ludya Nelwan, Sabtu.

Dia mengatakan, sesuai dengan fungsinya Puskesmas Moutong merupakan sarana utama dalam membantu memberikan layanan  Kesehatan masyarakat.

Kebutuhan akan layanan kesehatan bagi masyarakat kata dia, cukup meningkat. Sehingga, daya tampung Puskesmas perlu ditingkatkan, begitu juga dengan sarana dan fasilitas medis.

“Kita sadar kesehatan merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, sepantasnya di tunjang sarana dan fasilatas medis memadai,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Parimo, Badrun Nggai menyampaikan apresasi dan ucapan terimakasi kepada segenap stakeholder yang berupaya semaksimal mungkin, sehingga gedung rawat inap penunjang  fasilitas kesehatan pada Puskesmas Moutong dapat diresmikan.

“Hal ini bukti kepedulian Pemda Parimo agar memberikan pelayanan kesehatan lebih optimal,” kata dia.

Menurut dia, membangun kesehatan, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan hidup sehat agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis .

Dengan peraturan, Menteri Kesehatan Republik Indonesia no 43 Tahun 2019, pemenuhan sarana dan prasarana serta ketenagaan sangatlah penting, pada setiap Puskesmas, agar pelayanan kepada masyarakat di wilayahnya  menjadi maksimal .

Untuk mengembangkan pelayanan kesehatan kata dia,  Pemda Parimo meningkatkan Puskesmas Moutong dari non keperawatan menjadi rawat inap .

‘’Saya juga berharap, seluruh masyrakat dapat mematuhi protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun karana setiap Individu merupakan garda terdepan dalam mencegah penyebaran Covid-19,’’ pungkasnya.

banner 1280x250

Komentar