Pulau Togean Diusulkan Jadi Destinasi Super Prioritas Nasional

PALU, theopini.id – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tengah (Sulteng), mengusulkan kawasan Pulau Togean di Kabupaten Tojo Una-una (Touna), menjadi destinasi super prioritas nasional.

“Usul Destinasi Super Prioritas Kepulauan bertujuan untuk pengentasan kemiskinan, karena angka kemiskinan di Kabupaten Touna masih sangat tinggi, tetapi sumber daya melimpah, khususnya di Bidang Pariwisata,” ungkap Ketua Tim Pengkajian Kepulauan Togean Menuju Kawasan Destinasi Super Prioritas Nasional, Dr. Yuldani Pingkan, Selasa, 31 Mei 2022.

Baca Juga : Pemda Parimo Akan Gelar Budaya Nusantara di Mepanga

Dia mengatakan, Pulau Togean berpeluang menjadi destinasi super prioritas nasional, karena sudah dikenal sebagai Taman Nasional, Cagar Biosfer Dunia, wisata warga IKN, dan menjadi destinasi wisata dunia.

Kemudian,  masuk wisata alam konservasi berkelanjutan, mendapat status sebagai geopark, dan sudah mendapat dukungan Unesco.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tengah, Diah A. Entoh mengatakan, hal itu merupakan dukungan bidang pariwisata terhadap visi dan misi Gubernur Sulawesi Tengah, yakni gerak cepat menuju sulawesi tengah yang maju dan sejahtera melalui usulan kasawan Pulau Togean.

“Ada dua pengembangan destinasi Pariwisata di Sulawesi Tengah, yakni UnderWater dan Peradapan,” ujarnya.

Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura pun sangat mendukung Pulau Togean menjadi Kawasan Destinasi Super Prioritas Nasional.

Baca Juga : Pemda Sulteng Dorong FDP dalam Kalender Event Nasional

Menurutnya, Sulawesi Tengah merupakan daerah peradapan dunia yang harus di bicarakan dan diteliti kebenarannya seperti Teori Darwin yang lahir di Pulau Walea.

“Promosi destinasi wisata harus ditingkatkan, utamanya promosi wisata melalui informasi teknologi,” pungkasnya.

banner 1280x250

Komentar