Peringatan Hari AIDS Sedunia, Begini Harapan Wagub Sulteng

Peringatan Hari AIDS Sedunia, Begini Harapan Wagub Sulteng
Wagub Sulawesi Tengah, Drs. H. Ma'mun Amir menyerahkan penghargaan kepada Ketua KPA Provinsi Sulawesi Tengah periode 2012-2021 Drs. H. Longki Djanggola, M.Si, atas dedikasinya dalam melaksanakan program pencegahan penyebaran HIV/AIDS, Selasa, 6 Desember 2022. (Foto : Istimewa)

PALU, theopini.id – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) memperingati Hari AIDS Sedunia dengan mengusung tema ‘Satukan Langkah Cegah HIV Semua Setara Akhiri AIDS’, di Taman Gelanggang Olahraga (GOR), Selasa, 6 Desember 2022.

“Dasar pelaksanaan kegiatan ini, merupakan tindak lanjut surat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kepada KPA Sulawesi Tengah, dan ditindaklanjuti dalam SK Gubernur dalam rangka pelaksanaan Hari AIDS Sedunia,” ungkap Ketua Konselor VCT HIV Indonesia Sulawesi Tengah, Alfina A Deu SKM, M.Si, dalam laporannya, Selasa.

Baca Juga : Wagub Sulteng Apresiasi Kepercayaan KKP Tetapkan Harkannas di Parimo

Menurutnya, kegiatan tersebut juga  dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada Ketua KPA Provinsi Sulawesi Tengah periode 2012-2021 Drs. H. Longki Djanggola, M.Si, Bupati Parigi Moutong, Bupati Banggai, Bupati Sigi, dan Walikota Palu.

Selain itu, peringatan HAS 2022 dilakukan mobile voluntary counseling and testing (VCT) untuk pemeriksaan HIV/AIDS bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan organisasi peduli AIDS.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah, Drs. H. Ma’mun Amir mengatakan, pencegahan HIV perlu dilakukan. Sebab, berbicara tentang AIDS adalah persoalan pergaulan bebas yang tidak terkendali.

Pada peringatan Hari AIDS Sedunia 2022, KPA Sulawesi Tengah melakukan inovasi dengan memberikan penghargaan kepada sejumlah Bupati/Walikota atas komitmennya terhadap upaya pengendalian HIV/AIDS di daerah.

“Pengendalian HIV/AIDS menjadi salah satu target standar pelayanan minimal kesehatan dan pencapaian SDG’S dan termasuk dalam penilaian kinerja kepala daerah setiap tahunnya,” kata dia.

Dia berharap, seluruh pihak bersama menjaga lingkungan dan diri sendiri, agar persoalan AIDS tidak berkembang serta tidak berlanjut.

Baca Juga : Wagub Ma’mun: Inflasi Pengaruhi Kenaikan Tingkat Kemiskinan di Sulteng

Ma’mun Amir pun mengapresiasi dengan adanya upaya pencegahan, penelusuran dan pengobatan anti retroviral (ARV) yang telah dijalankan selama ini.

“Harapan saya kepada semua pengurus, deteksi awal ini perlu dilakukan. Kemudian kita selesaikan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Sumber : Humas Pemprov Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: