Siapkan Generasi Sehat, Kartikowati: Biasakan Anak Bawa Bekal dari Rumah

PARIMO, theopini.id Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, Kartikowati mendorong orang tua menyiapkan bekal makanan anak dari rumah, untuk menciptakan generasi sehat dan berkualitas.

“Orang tua harus konsisten menyajikan makanan beragam, bergizi seimbang dan aman untuk keluarga,” kata Kartikowati, saat memberikan materi pada Bimtek Cegah Stunting Anak Usia Dini, pada Sabtu, 18 November 2023.

Baca Juga: Disdikbud Parimo Dorong Guru PAUD Jadi Agen Perubahan Cegah Stunting

Menurutnya, orang tua juga harus memperhatikan wadah makan yang digunakan untuk bekal anak,  jangan sampai tidak aman untuk kesehatannya.

Ia menilai, banyak orang tua sudah sadar pentingnya menyiapkan bekal untuk anak ke sekolah. Tetapi masih kurang memperhatikan ragam gizi pada menunya.

“Memang bawa bekal ke sekolah, tapi isinya tiap hari nasi kuning. Coba dibuat beragam,” imbuhnya.

Olehnya, ia menyarankan guru PAUD untuk mendorong orang tua, menyiapkan makan yang sehat untuk anaknya.

Misalnya, menentukan makan yang akan dibawa anak ke sekolah dalam satu minggu. Sehingga, menu yang disiapkan orang tua akan beragam.

“Bukan tidak boleh nasi kuning, tetapi janganlah setiap hari,” ujar Kartikowati.

Baca Juga: Cegah Stunting, IRT Dilatih Mengolah Ikan Jadi Makanan Sehat

Selain itu, ia menambahkan, salah satu penyebab Stunting ialah pernikahan dini. Sebab, usia anak yang belum matang akan berisiko untuk mengandung.  

“Penting juga di sekolah dan di rumah mengajari anak, bagian tubuh mana yang tidak boleh disentuh orang lain,” pungkasnya.

banner 1280x250

Komentar