Fakultas Sains dan Kesehatan Masyarakat Siap Dibuka di UIN Palu

PALU, theopini.id – Dua fakultas umum, yaitu fakultas sains dan teknologi serta fakultas kesehatan masyarakat siap dibuka di Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, sebagai bentuk pengembangan kelembagaan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Iya, ini sedang kami siapkan segala dokumen yang berkaitan dengan dua fakultas tersebut dan akan segera diusulkan ke pemerintah pusat di Jakarta,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Prof Abidin Djafar, di Palu, dikutip dari Antara, Rabu, 5 Januari 2022.

Dia menerangkan, pengembangan fakultas merupakan satu keharusan, seiring dengan terjadinya perubahan bentuk kelembagaan dari IAIN Palu menjadi UIN Datokarama Palu.

“Karena menjadi universitas, maka telah dimungkinkan untuk membuka fakultas-fakultas umum, karena itu kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah pusat juga telah mencabut moratorium pengusulan pembukaan program studi dan fakultas baru. Sehingga, menjadi kesempatan bagi UIN Datokarama mengembangkan kelembagaan dan keilmuan.

Disamping itu, sesuai ketersediaan SDM, yaitu dosen, serta melihat kebutuhan masyarakat, kurikulum yang menunjang, maka disepakati untuk membuka dua fakultas.

Dia mengatakan dua fakultas tersebut, di dalamnya masing-masing terdapat dua program studi, yaitu fakultas sains dan teknologi, meliputi prodi sistem informasi dan teknik informatika. Kemudian, fakultas kesehatan masyarakat, terdiri atas prodi kesehatan masyarakat dan psikologi.

“Dua prodi ini banyak peminatnya, berdasarkan hasil analisis pada pangkalan data,” ujarnya.

Saat ini, panitia sedang menggodok proposal pengusulan pembukaan dua fakultas tersebut, yang ditargetkan akan rampung pada pekan depan.

“Karena pengusulan prodi dan prosesnya membutuhkan waktu yang panjang di pemerintah pusat, maka kita targetkan paling lambat awal tahun depan, dua fakultas tersebut telah resmi dibuka oleh UIN Datokarama,” ucapnya.

Dia menyebut, meskipun fakultas yang diusulkan berciri khas umum, akan tetapi dalam implementasi dan pengajaran serta dalam desain pembelajaran, akan diintegrasikan dengan agama.

“Agama akan menjadi pembeda antara mahasiswa fakultas sains dan kesehatan masyarakat UIN Datokarama Palu dengan mahasiswa fakultas kesehatan masyarakat di kampus-kampus yang lain. Kami juga akan mengedepankan moderasi agama, sehingga mahasiswa tidak hanya akan mendapat pengetahuan umum pada fakultas tersebut, tetapi juga dibekali ilmu-ilmu agama agar terbentuk karakter dan pengetahuan yang berlandaskan agama,” ucapnya.***

banner 1280x250

Komentar