Masyarakat Diminta Ikut Berpartisipasi dalam Program PTSL

PARIMO, theopini.id – Masyarakat Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah diminta ikut berpartisipasi dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2022.

“Masih kurang aktifnya masyarakat, menjadi kendala bagi kami dalam meningkatkan progress pekerjaan dan juga menerbitkan sertifikat,” ungkap Kepala Seksi Pengadaan Tanah dan Pengembangan, Kantor Pertanahan Parimo, Lin Kadarwati, di Parigi, Kamis, 23 Juni 2022.

Baca Juga : Berikut Target PTSL dan Redistribusi Tanah di Kabupaten Parimo

Dia mengatakan, usai pengukuran dilakukan seharusnya masyarakat aktif dalam melengkapi berbagai administrasi, berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), alas hak, dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Namun kenyataannya kata dia, partisipasi masyarakat sangat rendah, meskipun petugas Kantor Pertanahan Parimo mendatangi masyarakat secara door to door.

“Walaupun sudah diukur, kalau tidak ada berkasnya, tidak bisa jadi juga sertifikatnya. Dua hal ini sebenarnya saling mendukung,” kata dia.  

Dia menyebut, pada program PTSL dengan target 3.300 sertifikat, dilaksanakan di empat desa Kecamatan Tinombo Selatan, yakni Desa Oncone Raya, Sinei, Sigenti Selatan dan Tada Selatan.

Sementara masing-masing terget per desa, di antaranya Oncone Raya sebanyak 1.100 sertifikat, Sinei sebnyak 700 sertifikat, Sigenti Selatan 300 sertifikat dan Tada Selatan sebanyak 1.200 sertifikat.

“Saat ini, kegiatan pengukuran lanjutan sedang dilaksanakan di Desa Sinei dan Oncone Raya,” kata dia.

Kegiatan pengukuran yang telah dilaksanakan pada program PTLS tersebut, sebanyak 929 bidang. Bahkan, telah menerbitkan sebanyak 75 sertifikat dan telah diserahkan kepada masyarakat.

Baca Juga : Kementerian ATR/BPN Bangun Aplikasi Pengelolaan Pengaduan

Lin mengaku, jika melihat target yang ditetapkan, baru kurang lebih 16 persen realisasi capaian dilaksanakan pihaknya pada program PTSL tersebut.

“Prosedur untuk memulai program PTSL banyak yang dilewati. Kami memulai pelaksanaannya baru setelah Lebaran Idul Fitri,” pungkasnya.

banner 1280x250