Pemprov Sulteng Akan Bangun Rumah Sakit Gratis di Palu

PALU, theopini.idPemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah akan membangun rumah sakit gratis untuk warga miskin di eks lokasi RSUD Undata Palu.

“Eks lokasi RSUD Undata Palu, seluas 27.110 meter, dan sangat representatip untuk terus dikembangkan menjadi sarana Kesehatan,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, dr. I Komang Adisujendra, Sp,PD, saat menyampaikan sambutannya pada acara pencanangan pembangunan Rumah sakit gratis, Jum’at, 28 Januari 2023.

Baca Juga : Kementerian PUPR Rehabilitasi 3 Fasilitas Kesehatan di Sulteng

Menurutnya, melalui Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dengan total anggaran sebesar 47 miliar, dan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah mengakomodir hamir 98 persen masyarakat di Sulawesi Tengah.

Namun, masih saja ditemukan masyarakat yang tidak terlayani di rumah sakit, karena tidak mampu membayar BPJS mandiri.

“Maka rencana pembangunan rumah sakit gratis, menjadi alternatif tempat perawatan bagi masyarakat yang tidak mampu, atau tiba-tiba kondisi ekonominya menjadi  tidak mampu,” kata dia.

Dia mengatakan, rencana pembangunan rumah sakit gratis ini merupakan cita-cita mulia Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusdy Mastura untuk terus membantu masyarakat kurang mampu.

“Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dalam pelaksanaannya nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura mengatakan, rencana pembangunan Rumas Sakit gratis merupakan Niat yang mulia, dan mencari pahala dari Allah SWT.

Baca Juga : Catatan Gedung Mangkrak di RSUD Buluye Napoae Moutong

Pembiayaan pembangunan rumah sakit tersebut, kata dia, berasal dari beberapa pendonasi yang ingin membangun fasilitas kesehatan, sepanjang lahan telah disiapkan.

“Kita terus doakan pembangunan rumah sakit ini bisa segera terwujud, dan diharapkan dukungan Ibu Wakil Walikota Palu dr Reny Lamadjido, dari sisi manajemennya ke depan,” kata dia.

Sumber: Biro Administrasi Pimpinan