Kota Palu Urutan Pertama Kualitas Udara Paling Bersih di Indonesia

PALU, theopini.id Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid mengungkapkan, Kota Palu menjadi urutan pertama dengan kualitas udara paling bersih di Indonesia.

“Berdasarkan rilis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Jumat, 10 November 2023 pukul 19.00 WIB, Kota Palu menduduki urutan pertama dengan kualitas udara paling bersih di Indonesia, yang nilainya sebesar 33,” ungkap Hadianto, saat menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, di Palu, Minggu 12 November 2023.

Baca Juga: Survei Kesehatan Indonesia Dimulai, SekdaParimo Lepas 24 Enumerator

Menurutnya, polusi Kota Palu masuk dalam zona hijau. Hal ini, menunjukkan daerah tersebut, adalah kota yang Sehat.

Seluruh penghargaan ataupun prestasi yang diraih Kota Palu hari ini, kata dia, bearti menunjukkan kerja sama yang selama ini dibangun berjalan dengan efektif.

Tak lupa pula dalam kesempan itu, Hadianto mengucapkan, selamat Hari Kesehatan Nasional atau HKN ke-59 kepada seluruh kader kesehatan yang ada di Kota Palu.

Ia berterima kasih atas kerja sama para kader kesehatan, yang terus mendorong tingkat Stunting dan gizi buruk Kota Palu semakin menurun.

“Kalau ini menurun, berarti kemiskinan juga teratasi dengan baik. Karena itu menjadi indikator,” ucapnya.

Ia menambahkan, peran masyarakat paling penting dalam membangun daerah yang lebih maju. Sejauh ini, masyarakat Kota Palu sudah mulai tertib dengan berbagai peraturan, seperti, tidak lagi buang sampah sembarangan, hingga parkir di atas trotoar.

Baca Juga: Nakes Diimbau Bangun Karakter Pelayanan Kesehatan Sesuai SOP

“Mari kita berikan yang baik untuk mengangkat daerah kita semakin baik. Hal ini harus terus didorong dimulai dari orang-orang yang merupakan badan dari Pemerintah Kota Palu, dengan terus konsisten bekerjasama membangun konsep mindset yang satu yakni membawa Kota Palu semakin baik dalam semua hal,” pungkasnya.

Diketahui, dalam rangka memperingatan HKN digelar di halaman Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Palu, dimeriahkan dengan jalan sehat yang diikuti sejumlah kader kesehatan.

banner 1280x250