Cudy Tindak Lanjuti Perintah Presiden, Pastikan Sebaran Vaksinasi

PALU, theopini.id – Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura (Cudy) langsung menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo untuk memastikan sebaran vaksinasi, guna mencegah penyebaran Covid-19, khususnya varian Omicron yang telah masuk di wilayah setempat.

“Kapolda dan Danrem 132 bersama pemerintah akan mestikan sebaran vaksinasi kepada seluruh Bupati Walikota, TNI dan Polri,” tegas Cudy usai mendengar arahan Presiden, Senin 7 Februari 2022.

Dia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi harus terus ditingkatkan, khususnya kepada Lanjut Usia (Lansia), anak usia 6-11 tahun.

Bahkan, pihaknya bersama Kapolda dan Danren 132 akan melakukan kunjungan ke kabupaten yang sebaran vaksinasinya masih dianggap rendah.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam arahannya menyampaikan, trend kasus penularan Omicron di Indonesia saat ini mencapai 93 persen berada di wilayah Jawa dan Bali, dengan presentase perawatan di rumah sakit, penggunaan ICU hingga kematian masih rendah.

Menurutnya, karakter perawatan pasien 93 persen tanpa komorbid, dan 66 persen bergejala ringan. Kemudian, karakter pasien yang meninggal adalah 69 persen belum di Vaksin, dan 31 persen pasien telah menerima vaksin.

“Melihat karakter gejala Omicron,  saya meminta  Gubernur, Panglima TNI, Kapolda agar meningkatkan sebaran vaksinasi, khususnya kepada Lansia dan anak sekolah serta tingkatkan protokol kesehatan, utamanya disiplin untuk memakai masker,” tuturnya.

Varian Omicron Ditemukan di Sulawesi Tengah

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan I Komang Adi Sujendra, melaporkan hasil pemeriksaan SGTF dari 19 sampel yang telah dikirim pihaknya pada Jum’at 4 Februari 2022,  terdapat varian Omicron.

“Varian Omicron sudah ada di Sulawesi Tengah dari hasil pemeriksaa sampel yang kami kirim,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Gubernur meminta kepada Dinas Kesehatan agar mempersiapkan langkah-langkah penanganan, apabila terjadi gelombang III di Sulawesi Tengah.

Dia pun meminta, agar masyarakat lebih patuh dan taat untuk terhadap protokol kesehatan dan segera datang ke fasilitas kesehatan, untuk menerima vaksin.

“Lebih khusus Lansia, diharapkan keluarga mendorong orang tuanya untuk di vaksin.” Kata dia.

Satgas pun diminta memastikan seluruh kegiatan masyarakat, menaati protokol kesehatan yang ketat dan mengurangi kegiatan mobilitas, sebab saat ini sudah masuk pada kondisi waspada gelombang III.

Laporan : Yuyun/**

banner 1280x250

Komentar