Gubernur Sulteng Melepasliarkan Burung Maleo ke Habitat Aslinya

BANGGAI, theopini.id – Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura melepasliarkan burung Maleo ke habitat aslinya, Selasa, 7 Juni 2022. Burung tersebut, merupakan hasil penangkaran dan pengembangan budidaya Maleo yang didanai PT Donggi Senoro.

“Kami bangga dan kagum, serta memberikan apresiasi kepada PT Donggi Senoro, karena melalui dana CSR-nya dapat melakukan penangkaran dan pengembangan budidaya Maleo. Hari ini kita lepasliarkan ke habitat aslinya,” ungkap Gubernur Rusdy.

Baca Juga : Gubernur Sulteng Dukung Rencana Pembangunan PLTA di Touna

Menurut dia, burung Maleo adalah satwa khas ekosistem wallacea yang bisa dijumpai di Sulawesi Tengah. Selain itu, termasuk dalam daftar satwa yang dilindungi pemerintah, karena terancam punah.

Olehnya, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran PT Dongi Senoro, yang telah menginisiasi konservasi Burung Maleo di Banggai, sebagai komitmen perusahaan untuk menjaga keseimbangan eksplorasi gas bumi dan pelestarian lingkungan hidup, melalui program tanggung jawab sosial.

“Ucapan yang sama juga kepada stakholder dan mitra yang telah bekerjasama dengan PT Donggi Senoro dalam rangka pemberdayaan masyarakat, pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati Sulawesi Tengah, khususnya di Kabupaten Banggai,” ucapnya.

Baca Juga : 10 Kali Gagal Bertemu Gubernur, Warga Adat Abun Mengaku Kecewa

Dia berharap, semua perusahaan yang berinvestasi di Sulawesi Tengah dapat mengikuti PT Donggi Senoro untuk melakukan terobosan-terobosan, dalam rangka pelestarian flora dan fauna wallacea.