Segera Lakukan 7 Hal Ini untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Theopini.id – Bulan Ramadan 1443 Hijriyah merupakan momen yang paling ditunggu oleh seluruh umat Muslim. Jadwal puasa pun sudah diumumkan dan jatuh pada 2 April 2022.

Tentu, puasa menjadi hal yang penting karena segala amal ibadah yang diperbuat akan dilipatgandakan. Jadinya, kita dapat mengumpulkan banyak pahala untuk bekal di akhirat nanti.

Melalui bulan penuh kedermawanan ini, kita juga akan melatih kesabaran dan menahan berbagai godaan. Hal tersebut semata-mata agar kita dapat menjadi seorang yang takwa di hadapan Tuhan.

Tidak heran bila banyak persiapan yang perlu kita lakukan untuk menyambut bulan puasa ini agar semuanya berjalan dengan baik, mulai dari melatih iman hingga memelihara kondisi fisik.

Apa Saja yang Harus Dilakukan untuk Menyambut Bulan Ramadhan?

Situasi pandemi COVID-19 yang belum benar-benar akhir, tentu kita perlu melakukan persiapan untuk menjalankan ibadah puasa. Selain kesehatan tubuh, mental kita pun harus diperhatikan agar bisa menunaikan ibadah dengan baik.

Lalu, apa saja persiapan menyambut bulan ramadan yang harus kita lakukan? Simak berikut ini.

1. Mendekatkan Diri pada yang Kuasa

Hal paling utama yang perlu dilakukan dalam menyambut bulan Ramadhan adalah menguatkan iman dan semakin mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.

Maka dari itu, kamu perlu rajin membaca Al-Quran dan beribadah tepat waktu agar dapat tetap teguh dalam menjalankan ibadah puasa.

2. Memperdalam Ilmu Agama

Agar puasa berjalan dengan lancar, kamu bisa mendalami ilmu agama untuk memahami hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berpuasa. Jadinya, amal ibadah yang telah kamu perbuat di bula Ramadhan tidak akan sia-sia.

Nah, ada cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk memperdalam ilmu agama, seperti membaca buku yang berisi ajaran Islam dan berdiskusi dengan pemuka agama di lingkungan sekitar.

3. Melunasi Hutang Puasa Tahun Lalu

Ada beberapa kondisi yang memperbolehkan umat Muslim untuk tidak menjalankan puasa, seperti sakit, hamil, dan datang bulan.

Jadi, jika kamu mengalami kondisi-kondisi di atas, yang membuat kamu tidak berpuasa di tahun lalu, maka kamu perlu melakukan puasa Qadha untuk melunasi hutang-hutang puasa tersebut sebelum memasuki bulan Ramadhan ini.

4. Melakukan Doa Ziarah

Menjelang bulan Ramadhan, umat Muslim memiliki kebiasaan untuk melakukan ziarah ke makam keluarga dan kerabat. Dalam melakukan hal ini pun ada tata cara yang harus kamu ikuti, seperti berikut ini.

  • Berwudhu sebelum ziarah
  • Mengucapkan salam kepada ahli kubur
  • Membacakan doa untuk almarhum
  • Membaca surat-surat pendek Al-Quran
  • Jaga sopan santun dengan tidak menginjak bagian atas makam

5. Berlatih Menahan Diri

Bulan puasa bertujuan melatih diri dalam menahan rasa lapar, haus, dan emosi. Agar lebih terbiasa dalam menjalaninya, kamu boleh belajar untuk menahan diri dari sekarang.

Nah, cobalah untuk menjauhi hal-hal negatif dan secara perlahan mulai melakukan hal yang baik, seperti bersedekah dan beribadah. Cara ini tentunya bisa menjadi kebiasaan kamu sampai seterusnya.

6. Menjaga Kesehatan Tubuh

Meski sedang berpuasa, kesehatan tubuh tetap perlu dijaga dengan baik. Kamu tetap perlu rajin berolahraga dan menyantap makanan bergizi. Pastikan juga memperbaiki pola tidur agar mendapatkan yang istirahat cukup dan tidak telat bangun untuk sahur ya, Ruppers.

7. Membersihkan Rumah

Rumah yang bersih akan mendatangkan kenyamanan dan kedamaian dalam beribadah. Makanya, kamu perlu mulai merapikan dan membereskan barang-barang di rumah sebelum memasuki bulan puasa.

Sumber : Ruparupa.com

banner 1280x250