Pemprov Sulteng Gelar Bimtek Pengelolaan Statistik Sektoral

PALU, theopini.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan statistik sektoral, Rabu, 15 Juni 2022. Kegiatan tersebut, mengusung tema bimbingan teknis pengelolaan statistik sektoral dalam mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI).

“Peserta yang mengikuti kegiatan Bimtek ini sebanyak 40 orang yang berasal dari masing-masing OPD Provinsi Sulawesi Tengah,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Sulawesi Tengah, Dra. Novalina, di Palu, Rabu.  

Baca Juga : Hasil Evaluasi SPIP Pemda Parimo Harus Dibenahi, Ini 4 Catatan BPKP

Menurut dia, tujuan diadakannya kegiatan Bimtek tersebut, untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan data statistik dimasing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sebagai produsen data statistik sektoral sesuai standar yang telah ditentukan.

Proses pengumpulan data dilakukan oleh OPD, adalah data yang sesuai dengan standar Standar Operasional Prosedur (SOP). Sehingga, data yang diperoleh dapat dipertanggung jawabkan.

Selanjutnya, ia juga menambahkan, dari data yang akurat tersebut, dapat dijadikan sebagai bahan pengambilan kebijakan, dalam menentukan perencanaan program strategis.

Sehingga ke depan, program perencanaan kebijakan yang disusun merupakan kebijakan, atau keputusan tepat, karena berdasarkan base on data akurat.

Baca Juga : Pemprov Sulteng Gelar Bimtek Penilaian Kesehatan Koperasi

“Saya berharap dengan dilaksanakanya Bimtek ini, setiap OPD berbenah diri untuk melengkapi data-data sektoral. Sehingga Sulawesi Tengah memiliki data sektoral yang lengkap, akurat, kekinian serta mutakhir dan dapat dibagikan,” pungkasnya.

banner 1280x250